9 May 2019

Keunikan yang Ada di Negara Malaysia

Keunikan yang Ada di Negara Malaysia

Keunikan yang ada di Negara Malaysia

Malaysia adalah negara tetangga atau disebut negeri jiran yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Malaysia terbagi menjadi dua bagian yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat terletak di sebelah utara pulau Sumatera yang masih terhubung dengan daratan benua Asia. Sedangkan Malaysia Timur terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) yang paling utara.

Keunikan yang ada di Negara Malaysia
Keunikan yang ada di Negara Malaysia

Setiap daerah, kota, hingga negara tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga menjadikan suatu tempat itu menjadi unik. Perbedaan bahasa, makanan, kebiasaan sehari-hari, kondisi geografis, budaya, agama, etnis, dan pola pikir masyarakat suatu tempat yang berbeda dengan kehidupan kita menjadikan keunikan tersendiri yang membuat orang datang untuk mengunjunginya.

Dalam perjalanan kemarin tepatnya pada tanggal 7 April 2019 bulan lalu saya jalan-jalan ke Negara Malaysia bersama teman karena mendapat tiket pesawat promo yang murah. Tapi kali ini saya tidak membahas cerita saya mengenai berapa budget yang dikeluarkan saat liburan ke Malaysia, wisata mana saja yang sempat saya kunjungi, atau cerita tentang perjalanan tour kemarin. Mungkin next time saya pasti akan membahas perjalanan saya lewat artikel berikutnya.

Pada paparan artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman unik yang sempat saya temui saat jalan-jalan ke Negara Malaysia. Berikut beberapa keunikan yang saya temui di Negara Malaysia yang bahasa dan budayanya hampir sama dengan negara kita Indonesia.

1. Keunikan Bahasa di Malaysia

Negara Malaysia menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa resmi negara. Sebenarnya bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di beberapa bagian di Pulau Sumatera bahasa Melayu juga sebagai bahasa ibu di daerah sana. Tapi bagi saya sebagai orang Jawa bahasa Melayu masih sedikit asing di telinga. Sebenarnya bahasa Melayu hampir mirip dengan bahasa Indonesia dan kadang juga sering digunakan oleh Ustadz Abdul Somad yang sering berceramah dengan menggunakan bahasa Melayu dari Riau Sumatera.
Keunikan bahasa Melayu Malaysia
Keunikan bahasa Melayu Malaysia

Keunikan bahasa Melayu ini akan anda temui ketika berada di Malaysia pada beberapa tulisan yang terpampang di berbagai lokasi dan benda. Seperti contoh misalnya di Bus. Di Kuala Lumpur ada bus yang berwarna pink bertuliskan Bus Percuma, hayo apa cobak artinya ?? :),,. Bus percuma adalah bus gratis yang disediakan oleh Pemerintah/Kerajaan Malaysia yang biasanya digunakan untuk kegiatan city tour. Selain di bus ada juga tulisan unik berbahasa Melayu yang sering saya lihat di beberapa lokasi seperti tulisan "kecemasan",, hayo apa cobak kalau yang ini artinya pusing kan anda,,. :),,. Kecemasan dalam bahasa Inggris artinya adalah Emergency atau Darurat/bahaya dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga: Daerah di Indonesia yang Mayoritas Islam dan Masyarakatnya Religius
Selain penggunaan bahasa Melayu di Malaysia yang unik, masyarakat Malaysia juga terbiasa menggabungkan bahasa Inggris dengan bahasa Melayu dalam percakapan sehari-hari. Menurut informasi dari sopir travel yang saya gunakan saat jalan-jalan di Malaysia orang Cina di Malaysia masih ada yang tidak lancar menggunakan bahasa Melayu. Hal ini dikarenakan orang Cina di Malaysia cenderung bergaul dengan komunitasnya sendiri dan jarang berbaur dengan masyarakat lokal atau Bumiputera.

2. Keunikan Bangunan di Malaysia

Bangunan di Malaysia umumnya banyak gedung-gedung bertingkat dari pada rumah tidak bertingkat. Banyak penduduk di Malaysia yang tinggal di rumah susun atau apartemen dari pada tinggal di perumahan. Salah satu gedung pencakar langit yang terkenal dan menjadi icon negara Malaysia adalah Menara Kembar Petronas yang terletak di Kota Kuala Lumpur. Menara Kembar Petronas terdiri dari 88 lantai dan pernah menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1998-2004. Jika anda mau berwisata ke Negara Malaysia, menara kembar Petronas menjadi salah satu tujuan wisata wajib dalam agenda tour anda.
Menara Petronas di Kuala Lumpur Malaysia
Menara Petronas di Kuala Lumpur Malaysia

Selain Menara Kembar Petronas yang sempat menjadi bangunan berupa gedung tertinggi di dunia saat itu, Negara Malaysia juga masih mempunyai bangunan unik lainnya yang juga terpanjang se Asia Tenggara. Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah yang menghubungkan Pulau Pinang dengan daratan Malaysia menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara mengalahkan Jembatan Suramadu yang digadang-gadang terpanjang se Asia Tenggara juga.

3. Keunikan Masyarakat dan Budaya Malaysia

Jika berkunjung ke negara Malaysia anda juga akan berasa di negara Cina dan India. Ya tak heran karena ada banyak etnis Cina dan etnis India yang sudah tinggal sebelum Negara Malaysia terbentuk. Banyak toko kedai dan an jasa di pinggir jalan yang neon box atau reklame bertuliskan bahasa Mandarin. Kuil kuil khas India juga ga terdapat banyak di Malaysia. Batu Cave yang terletak di Selangor utara Kuala Lumpur merupakan kuil umat Hindu yang dipopulerkan oleh pedagang dari India.
Batu Cave di Selangor utara Kuala Lumpur
Batu Cave Kuil Hindu India di Selangor utara Kuala Lumpur

4. Keunikan Transportasi di Negara Malaysia

Jika di Indonesia mobil jenis MPV menjadi primadona masyarakat Indonesia, lain halnya di Malaysia yang lebih banyak di dominasi dengan mobil jenis sedan atau city car. Jalanan di Malaysia juga dipenuhi oleh kendaraan roda empat atau mobil pribadi dari pada kendaraan roda dua atau motor. Hal ini sangat berbeda dengan di Indonesia dimana sepeda motor menjadi kendaraan bermesin yang paling banyak lalu lalang di jalanan jika di bandingkan dengan mobil. Mobil dalam bahasa Malaysia atau Melayu disebut kereta.
Mobil sedan atau city car paling banyak di minati orang Malaysia
Mobil sedan atau city car paling banyak di minati orang Malaysia

Keunikan pada pengguna roda dua atau sepeda motor di Malaysia dengan Indonesia adalah banyaknya masyarakat Malaysia yang menggunakan motor keluaran lama seperti Honda Astrea. Saat jalan-jalan di Kuala Lumpur sampai ke Pulau Pinang dengan menggunakan Bus saya sering menemukan banyak orang Malaysia yang memiliki motor merk Honda Astrea. Tapi jika anda ingin menggunakan layanan transportasi Grab di sini yang tersedia hanya layanan Grab Car. Saat berada di Malaysia aplikasi Grab anda akan mengupdate sendiri dan layanan Grab Bike tidak akan anda temui.
Motor Honda Astrea keluaran lama masih banyak di Malaysia
Motor Honda Astrea keluaran lama masih banyak beredar di Malaysia

Jalanan di Negara Malaysia umumnya juga lancar dan meskipun macet tidak separah di Jakarta dan Surabaya. Orang Malaysia cenderung tertib dalam berkendara dan ini saya lihat ketika di perempatan lampu merah di mana mobil antri antara mobil satu dengan mobil di belakangnya hingga 1-3 meteran,,waauw ini berbeda sekali dengan di negara ku (dalam benak ku). Satu lagi keunikan di bidang transportasi di Malaysia adalah dibolehkannya sepeda motor masuk dalam jalan tol. Namun tetap saja jumlah sepeda motor masih sedikit jika dibandingkan mobil.
Keunikan yang Ada di Negara Malaysia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.