16 Apr 2019

Daerah di Indonesia yang Mayoritas Islam dan Masyarakatnya Religius

Daerah di Indonesia yang Mayoritas Islam dan Masyarakatnya Religius

Masjid Istiqlal di Jakarta Indonesia

Negara kita Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan merupakan negara dengan penduduk nomer 4 terbesar di dunia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang lebih dari 80% penduduknya pemeluk agama Islam. Tapi tahukan anda di daerah mana saja di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam dan masyaratkatnya religuis??.

Meskipun mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia bukan negara Islam karena masih menganut sistem pemerintahan demokrasi sesuai kesepakatan awal pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbeda-beda agama, ras, budaya, dan bahasa. Namun meskipun bukan negara Islam dan memiliki penduduk beragama Islam terbesar di Dunia, masyarakat Indonesia terkenal religius dalam menjalankan perintah agama. Toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia juga terbilang baik meskipun masih ada sedikit permasalahan intoleran yang kadang terjadi.

Masyarakat Islam di Indonesia masih mempertahankan nilai-nilai budaya adat istiadat setempat yang bisa sejalan dengan kehidupan beragama. Kehidupan religius masyarakat Indonesia terlihat dengan banyaknya penduduk Indonesia yang melaksanakan ibadah haji di tanah suci Arab Saudi. Saat musim haji tiba tanah suci di Mekkah dan Madinah banyak dipenuhi oleh jemaah haji asal Indonesia.

Negara Indonesia merupakan negara dengan kuota jemaah haji terbesar di dunia. Hal ini membuat pendaftaran ibadah haji di Indonesia mengalami antrian yang panjang karena banyaknya antusias penduduk Indonesia yang ingin melaksanakan rukun Islam yang ke lima ini. Berikut beberapa daerah di Indonesia yang mayoritas beragama Islam dan masyarakatnya yang religius.

1. Aceh


Daerah yang terletak paling ujung utara atau barat Pulau Sumatera ini merupakan bagian dari Propinsi Aceh. Masyarakat Aceh mampu mempertahankan syariat Islam dalam kehidupannya bermasyarakat dan dalam pemerintahannya. Hukum-hukum Islam di sini masih berlaku dengan tetap menjunjung tinggi UDD 1945 yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Masjid Raya Banda Aceh icon Aceh

Dijuluki sebagai serambi Mekkah, Aceh memang sejak dari dulu kala merupakan tempat penyebaran Islam pertama di Indonesia. Propinsi Aceh merupakan salah satu propinsi yang mendapatkan status istimewa dan diberi kewenangan otonomi khusus. Persentase penduduk muslim di Aceh merupakan yang paling tinggi diantara daerah lainnya di Indonesia sehingga syariah Islam berlaku di Aceh.

2. Banjar


Daerah Banjar adalah salah satu daerah di wilayah Propinsi Kalimantan Selatan. Banjar juga bisa merujuk pada suku yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kami menyebutnya daerah Banjar karena kebanyakan masyarakat Indonesia yang menyebut daerah Kalimantan Selatan dengan sebutan Banjar. Sebenarnya Banjar juga bisa merujuk pada nama Kabupaten yang ada di Propinsi Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Banjar. Tapi istilah Banjar juga digunakan untuk Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru yang juga terletak di Propinsi Kalimantan Selatan.
Masjid Sultan Suriansyah

Kehidupan religius masyarakt Banjar terlihat dengan banyaknya bangunan masjid tua bersejarah yang masih kokoh di pertahankan hingga kini. Masjid bersejarah tersebut merupakan bekas peninggalan kesultanan Kerajaan Islam Banjar tempo dulu. Warisan Kerajaan Islam tempo dulu ini lah yang membuat masyarakat Banjar masih mempertahankan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan kesehariannya.

3. Madura


Madura adalah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa yang terhubung dengan Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Madura juga bisa merujuk pada suku yang juga berasal dari pulau ini. Kehidupan religius Islami masyarakat Madura terlihat dengan adanya makam-makam ulama besar tempo dulu dan hingga kini juga masih banyak yang berziarah ke sana. Makam ulama terkenal di Madura diantaranya ada makam Syaikhona Kholil di Bangkalan, Makam Batu Ampar di Pamekasan, Makam Asta Tinggi di Sumenep, dan Makam Syekh Yusuf di Pulau Talango Sumenep.
Asta Tinggi (Makam para raja-raja di Sumenep)

Selain banyaknya tokoh ulama dari Madura yang masyhur dengan karomahnya kehidupan religius masyarakat Madura juga terlihat hingga saat ini. Ketika kita berkunjung ke Madura masyarakat di sana lebih nyaman memakai sarung dan songkok saat bepergian seperti ke pasar, ke undangan, ke kerabat, hingga ke luar kota sekalipun. Hal ini akan memudahkannya saat melakukan ibadah sholat sehingga memakai sarung dan songkok sudah menjadi kebiasaan masyarakat Madura hingga saat ini.

4. Lombok


Lombok adalah Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bali dan di sebelah selatan Pulau Sulawesi. Pulau Lombok memiliki luas 5.435 km² yang masuk dalam administrasi Propinsi Nusa Tenggara Barat. Kota Mataram yang terletak di Pulau Lombok menjadi Kota Terramai dan sekaligus menjadi Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Menara Masjid Islamic Center Mataram Lombok

Lombok juga termasuk daerah yang memiliki mayoritas penduduknya beragama Islam di Indonesia yang berdampingan rukun dengan masyarakat non muslim. Kehidupan religius masyarakat Lombok terlihat saat kita jalan-jalan ke Lombok akan banyak masjid yang kita jumpai. Pulau Lombok bahkan dijuluki dengan Pulau 1000 masjid karena lebih dari 8.000 masjid besar dan kecil ada di Pulau Ini. Nahdlatul Wathan adalah organisasi Islam asli Lombok yang terbesar dan banyak mendirikan lembaga pendidikan berbasis Islam mulai dari jenjang rendah hingga ke perguruan tinggi.


Mungkin masih banyak lagi daerah di Indonesia yang masyarakatnya religius dan mayoritas beragama Islam di tempat lain. Tapi dari perjalanan penulis itulah rangkuman menurut versi kami. Itulah sedikit ringkasan tentang rangkuman kami seputar daerah di Indonesia yang mayoritas Islam dan masyarakatnya yang religius. Jika ada kesalahan dalam menulis mungkin bisa berkomentar dibawah sehingga nantinya tulisan ini dapat lebih bermanfaat untuk pembacanya.
Daerah di Indonesia yang Mayoritas Islam dan Masyarakatnya Religius
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.